03.17: Fashion

The-Winner-Stands-Alone-2001

It doesn’t even occur to the hopefuls that the Powerful only talk to the Powerful,

Paulo Coelho

Fashion. Apa yang ada di kepala orang-orang ini? Apakah mereka pikir fashion adalah sesuatu yang berubah-ubah sesuai musim? Apa mereka memang datang dari seluruh penjuru dunia untuk memamerkan busana, perhiasan, serta koleksi sepatu mereka? Mereka tidak mengerti. Fashion hanyalah cara untuk berkata: “Aku anggota duniamu. Aku mengenakan seragam yang sama dengan tentaramu, jadi jangan tembak”.

Sejak beberapa kelompok pria dan wanita mulai tinggal bersama dalam gua-gua, fashion telah menjadi satu-satunya bahasa yang dipahami semua orang, bahkan yang tidak saling mengenal. “Kita berpakaian dengan cara yang sama. Aku anggota sukumu. Ayo bersatu dan melawan yang lemah sebagai cara bertahan hidup”.

Tapi ada juga yang beranggapan fashion adalah segalanya. Setiap enam bulan, mereka menghabiskan banyak uang untuk mengubah detai kecil supaya bisa tetap mempertahankan keanggotaan mereka dalam suku ekslusif golongan berada.
Jika mereka mengunjungi Silicon Valley, tempat para jutawan industri IT mengenakan jam tangan plastik serta jins belel, mereka pasti paham bahwa dunia sudah berubah; sekarang semua orang sepertinya termasuk dalam kelas sosial yang sama; tak ada lagi yang peduli pada besarnya berlian, desain dasi, atau tas kerja kulit.
Dasi dan tas kerja kulit bahkan sudah punah di bagian dunia yang itu; sayangnya di dekat sana ada Hollywood, mesin yang relatif lebih kuat—sekalipun mengalamin penurunan—dan masih berhasil meyakinkan orang-orang tak berdosa agar percaya pada baju-baju haute-couture, kalung zamrud, dan limusin panjang. Lalu karena semua itu masih kelihatan di majalah-majalah, siapa yang berani menghancurkan industri jutaan dolar yang menyangkut dunia periklanan, penjualan benda-benda tak berguna, penciptaan trend-trend baru yang sama sekali tidak penting, serta pembuatan krim wajah yang sama persis namun diberi label berbeda-beda?

Sungguh konyol! Kita tidak bisa menyembunyikan kebencian terhadap orang-orang yang keputusannya memengaruhi kehidupan jutaan para pekerja keras berhati jujur, para pekerja yang menjalani kehidupan bermartabat dan bersyukur atas kesehatan, tempat tinggal, serta kasih sayang keluarga.

Sungguh memuakkan! Saat segala sesuatu berjalan dengan semestinya dan keluarga-keluarga berkumpul untuk makan malam, bayangan Superclass muncul, menjual mimpi-mimpi mustahil: kemewahan, kecantikan, kekuasaan.
Lalu keluarga itupun berantakan.

Sang ayah bekerja lembur supaya bisa membelikan sepatu keds model terbaru untuk putranya, karena kalau tidak punya sepatu itu, putranya akan di musuhi di sekolah. Sang istri menangis diam-diam karena semua temannya memiliki busana rancangan desainer sementara ia sendiri tidak punya uang.
Bukannya mempelajari nilai-niali luhur iman dan pengharapan, anak-anak mereka yang masih remaja hanya bermimpi untuk jadi penyanyi atau bintang film. Gadis-gadis di kota kecil mulai kehilangan jati diri dan ingin pindah ke kota besar, siap mengorbankan segalanya dan melakukan apa saja untuk mendapatkan sebentuk perhiasan.
Dunia yang seharusnya memperjuangkan keadilan malah makin terfokus pada benda-benda lahiriah yang dalam enam bulan harus diganti dan tidak berharga lagi.

Begitulah sirkus yang berlangsung supaya orang-orang menjijikkan yang berkumpul di atas bisa terus menempati posisi teratas.

Advertisements

0 Responses to “03.17: Fashion”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




ME

Bankbenk

Bankbenk

Know nothing

Personal Links

Verified Services

View Full Profile →

Archives

April 2016
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Twitter

  • ketikung polisi lah, pilot lah, dokter lah. curang, mereka udah keren beraninya saingan sama manusia nirfaedah kek gua giniih... 6 hours ago
  • nasib dikhianatin terus, tuhan. yg khianat rata-rata yg bego-bego pula. itu berhasil bikin sy keliatan lebih bego dr mereka. tuhan. 22 hours ago
  • gut rain, nice kupi, and best song for read some books soundcloud.com/zaqie-ginandja… https://t.co/7MSrAmke9b 1 day ago
  • ujan seharian membawa kata-kata sendu, tapi belum cukup dingin untuk mendekap rindu. sedikit lebih dingin lagi, sedikit lagi... 1 day ago
  • ia abis abisan mnghina film dalam negeri, sementara itu masih bs menikmati filmfilm asia spt thai, jepun, korea, holwut etc etc. kontradiksi 2 days ago
Follow KNOW NOTHING on WordPress.com

Blog Stats

  • 3,274 hits

%d bloggers like this: